Good Night Sleep 101 bersama Diwien Hartono

Wellness adalah hal yang menyeluruh. Ia menyangkut segalanya tentang hidup kita. Mulai dari pola makan, pola olahraga, hingga yang tak kalah penting: pola tidur. Sebabnya tubuh kita seperti mesin yang tiap bagian dan prosesnya berjalan saling berkesinambungan. 

Meski terlihat sepele, tidur punya dampak yang signifikan bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Untuk itu kami berdiskusi panjang dengan Holistic Healing Practitioner, Diwien Hartono, tentang manfaat kualitas tidur yang baik dan apa saja yang menyebabkan kita sulit tidur. Menurutnya tidur berkualitas tidak hanya baik untuk tubuh secara biologis, tetapi juga untuk kesehatan mental dan produktivitas kita. 

“Tidur yang tidak berkualitas bisa menyebabkan konsentrasi serta produktivitas menurun. Belum lagi menyebabkan rasa gelisah berlebih,” jelasnya dengan tenang dan riang. Tak hanya itu, kekurangan tidur juga bisa menurunkan kerja sistem imun kita. Hal yang justru sangat kita butuhkan sekarang.

Orang dewasa setidaknya membutuhkan sekitar tujuh jam tidur malam. Tepatnya pada pukul 22.00 - 05.00. Apa pasal? “Sebab di rentang waktu tersebut, organ-organ tubuh kita punya ‘jam piket’. Itulah saatnya liver kita melakukan detoksifikasi zat untuk mengeluarkan zat sisa dari tubuh,” sambung Diwien. Proses detoksifikasi inilah yang bisa terganggu ketika kita begadang atau tidur terlambat.

Meski demikian, tidak selamanya kualitas tidur ditentukan oleh lamanya kita memejamkan mata. Tentu kalian juga pernah merasa sudah tidur lama, tetapi bangun dalam keadaan yang tidak segar. Ini menandakan tidur yang tidak berkualitas. Mata terpejam, tapi tubuh belum beristirahat. Penyebabnya bisa beragam. Mulai dari penanda kesehatan yang menurun, perubahan gaya atau ritme hidup, proses adaptasi dengan anak yang baru lahir, dan tentunya stres berlebih. 

Cara mengatasinya pun beragam. Yang paling sederhana bisa dilakukan dengan mengatur jadwal tidur tetap. Ini berfungsi untuk memasang jam piket pada tubuh Anda supaya ia bisa menjalankan fungsi-fungsi biologisnya dengan lebih optimal. Kemudian bisa pula dilakukan dengan mengatur suhu serta penerangan kamar tidur. Hal yang perlu diperhatikan ialah kenyamanan tempat serta pakaian tidur Anda. Tak lupa untuk meletakkan sejenak gadget atau pun komputer Anda beberapa waktu sebelum tidur. Dan yang terpenting untuk menjernihkan kepala Anda sebelum tidur. Tujuannya untuk membebaskan diri sejenak dari masalah demi tidur yang berkualitas.

Untuk yang terakhir ini Diwien menjelaskan Anda bisa mengatasinya dengan melakukan teknik Jin Shin Jyutsu. Caranya dengan membungkus ibu jari dengan jemari yang lain. Rutinitas ini dapat Anda lakukan setelah selesai bersiap-siap untuk tidur. Gerakan menggenggam salah satu ibu jari dipercaya bisa menetralisir emosi dan kekhawatiran Anda.

Teknik ini juga konon bisa membantu Anda mengharmoniskan energi ke daerah lambung dan limpa karena ibu jari merupakan penghubung energi ke daerah pencernaan kita. Lakukan teknik ini selama lima menit sebelum tidur sembari memfokuskan diri mengatasi segala kekhawatiran Anda. Bagaimana? Apa Anda tertarik mencobanya?

Jika Anda tertarik belajar lebih lanjut tentang cara-cara mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Anda bisa mengikuti kelas virtual kami bersama Diwien Hartono pada 28 Agustus 2020 pukul 19.00. Dapatkan tiketnya di sini.


Tonton ulang perbincangan lengkap kami dengan Diwien Hartono di sini.